RSS

Friday, December 24, 2010

Fitur Mobile Templates untuk Blogger BlogSpot

Pagi ini saya buka email menggunakan gadget satu-satunya yang saya punya 5800xm, ternyata ada pesan dari Blogger yang berisi beberapa fitur terbaru untuk menyambut akhir tahun 2010 dan awal tahun 2011.
Salah satu yang menjadi perhatian saya adalah fitur "BlogSpot Seluler" atau sering disebut juga "Mobile Templates".. Penasaran jadinya ya saya langsung klik link yang tertera di email itu. Ini linknya bloggerindraft.blogspot.com
Mobile templates ini pertama diluncurkan pada tanggal 17 Desember 2010 kemarin,,
Isi link diatas dalam bahasa indonesia kurang lebih sebagai berikut :

Dikirim oleh Jiho Han, Software Engineer

Kami tahu banyak dari Anda ingin melihat posting blog pada smartphone Anda. Namun, dapat menjadi sulit karena ukuran layar kecil. Inilah sebabnya kami merasa antusias untuk mengumumkan peluncuran pertama kami mobile template! Awalnya tersedia sebagai pilihan fungsi di Blogger dalam Draft, mobile template akan mengubah format blog Anda dalam tampilan seluler untuk meningkatkan kenyamanan pembaca blog Anda. Cara untuk mengaktifkan ponsel template, pertama-tama login dulu ke draft.blogger.com lalu pergi ke Dashboard> Pengaturan> Email & Mobile, aktifkan opsi template ponsel dan kemudian simpan pengaturan.


mobile


Fitur Yang Menonjol Yaitu :

❥ Preview: Dapatkan sekilas bagaimana blog anda akan terlihat dengan mengklik tombol Preview Mobile. Anda juga dapat melihatnya di smartphone Anda dengan memindai QR-kode di sebelah kanan opsi.
❥ Pengalihan Otomatis: Blog akan diarahkan secara otomatis ke tampilan mobile jika diakses dari smartphone *.
❥ Dukungan Templat: Diawal peluncuran ini kami mendukung 6 varian dari Simple Template dan 6 varian dari Awesome Template. Jika Anda telah menggunakan salah satu dari 12 template melalui Desainer Template kami, tampilan ponsel Anda akan diberikan dalam gaya yang sama seperti melihat desktop Anda (varian template lainnya akan ditampilkan menjadi Simple). Beberapa gadget juga didukung **.


mobilemobile


❥ Iklan mobile: Mobile AdSense ads akan ditampilkan di bagian atas halaman posting dan di bagian bawah halaman indeks jika blog memiliki gadget AdSense atau iklan blog inline.


mobile


❥ Komentar dan video: Anda akan dapat membuat komentar dan menonton video.

* Mobile browser berbasis WebKit yang didukung untuk memulai awal kami.
** gadget Didukung / elemen dalam peluncuran: Header, Blog, Profil, AdSense, Atribut.



Kurang lebih demikian jika diartikan dalam bahasa indonesia. Yang menjadi kendala adalah fitur Pengalihan otomatis (Automatic Redirection) yang masih belum bekerja secara sempurna. Hal ini mungkin dikarenakan Mobile Templales blogger saat ini masih BETA. Atau saat ini hanya browser yang berbasis WebKit yang didukung fitur ini. (arti webkit disini saya masih belum faham, mungkin ada teman teman yang bisa menjelaskan..)

Untuk membuka blogspot versi mobile, kita hanya menambahkan ?m=1 dibelakang URL kita. Contohnya blog saya dalam tampilan mobile: www.aplikasi-gratizzz.co.cc/?m=1. Mudah kan. Atau bisa juga membuat tombol yang nantinya menuju link blog versi mobile kamu. Contoh tombol di blog saya adalah *new* Mobile Version di area header.



mobile


Screenshot saat dibuka menggunakan OperaMini


mobilemobile



Selamat Mencoba :)

8 komentar:

TuanMudaKalsel.Com said...

wah.... Keren bro.... Tapi apa aku nggak kesusahan nge-edit ntar kalau udah aku pindah ke mobile? sementara aku cuma pakai handphone!

Unknown said...

Kalo ngeEditnya tetap kaya biasa, tampilan mobile cuma saat kita liat blog aja. Saya updatenya juga slalu pake operamini sob. :g: ga susah ko. Coba deh.. :a:

Indra Mahardika said...

Wah, asyik bener. Ini fitur yang aku tunggu-tunggu dari Blogspot. Akhirnya muncul juga.

Nice info gan. Update terus :D !

Unknown said...

@indra.. Sama mas, saya jg udah lama nunggu fitur ini akhirnya release jg.. :e:

Akbaruz said...

bro ini kan di sediain 6 tamplate ya? cara ganti tamplatenya gmn ni? punya ane cuma blank putih doank, kesannya jelek
trus katanya alamat bisa di ganti pake symbol? nah gimana gantinya tuh ?

Unknown said...

Cara gantinya kita harus menggunakan 12 template yg disediakan oleh blogger. Kalo brader pake template yg bukan dari bloger (kya template saya) maka tampilannya hanya template standar saja.

Indra Mahardika said...

Ijin share artikel ini ya. Pasti saya beri sumbernya

Unknown said...

@indra.. Silahkan sob. Kita sama2 share :d:

Post a Comment

Komentar dari anda adalah dorongan bagi kami untuk terus berkreasi